Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara dan Langkah Menggambar Bayangan pada Cermin Datar (Garis)

Pada prinsipnya untuk melukis bayangan berupa garis pada cermin datar sama saja dengan menggambar bayangan pada cermin datar untuk titik. Kita tetap menggunakan Hukum Snellius dimana sinar datang pada suatu bidang datar akan memiliki sudut pantul yang sama dengan sudut datang itu sendiri.

Mari kita mulai saja, Misalkan anda memiliki cermin dengan posisi horizontal dan garis AB seperti gambar berikut ini.
Dua titik yang dihubungkan akan membentuk sebuah garis.
Oleh sebab itu kita ambil titik A dan titik B pada ujung masing masing garis. Berikutnya, titik A dan titik ini yang akan kita refleksikan. Jika anda paham bagaimana cara melukis bayangan pada cermin datar untuk objek titik, akan sangat mudah untuk melukis ini. Anda cukup refleksikan titik A dan titik B. Atau uraiannya seperti berikut,

Langkah 1: Terdapat garis AB dengan titik A dan B masing masing di ujung garis. Bayangan yang didapat nantinya harus sama untuk jarak A ke cermin dengan bayangan A ke cermin. Sedemikian rupa juga kiranya untuk titik B.

Langkah 2: Gunakan 2 sinar sembarang yang melewati titik A. Kemudian sinar tersebut dipantulkan oleh cermin dengan syarat sudut sinar datang sama dengan sudut sinar pantul. Berikut gambarnya, anda perhatikan sinar kuning dan hijau.
Langkah 3: Perpanjang garis sinar pantul hingga ke area bayangan (ke bawah) hingga bertemu. Perpotongan garis tersebut adalah titik bayangan A (A').
Langkah ke 4: Sekarang untuk titik B, anda gunakan juga 2 sinar datang. Samanya persis seperti langkah 2 dan langkah 3. Berikut garis tersebut ditujukkan oleh warna merah muda dan ungu.
Jika anda telah mendapatkan titik perpotongan garis merah muda dan ungu, beri nama titik B'. B' adalah bayangan titik B. Kemudian anda bisa hubungkan titik A' dan B' (lihat garis biru). Inilah bayangan garis AB tersebut.

Lebih lanjut untuk bangun 3 dimensi seperti kubus, tabung dan lainnya. Anda bisa ambil semua 4 titik atau lebih untuk dicerminkan. Intinya, disini anda harus bisa menggambar atau melukis bayangan titik pada cermin datar. Setelah beberapa titik dicerminkan, bentuk kembali bangun sesuai titik tersebut.


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Cara dan Langkah Menggambar Bayangan pada Cermin Datar (Garis)"

Post a Comment