Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Langkah dan Cara Melukis Bayangan Benda (Titik) pada Cermin Datar

Berhubung saya seorang yang sangat senang sekali dengan geometri, salah satu bentuk aplikasi pencerminan atau refleksi adalah saat anda berbicara topik cermin datar. Lebih tepatnya yaitu tentang menggambar atau melukis bayangan pada cermin datar.

Berikut, saya akan berikan langkah dan cara melukis atau menggambar bayangan pada cermin datar. Sebenarnya ini cukup sederhana.

Sebelumnya, sedikit kembali pada ilmu fisika, sifat bayangan dari pembentukan bayangan pada cermin datar yaitu maya, tegak dan sama ukurannya (sama besar). Ini disebabkan karena pantulan sinar dari cermin datar sangat teratur. Sederhananya, bagaimana bentuk benda maka seperti itu pula yang terlihat pada cermin datar tersebut.

Dalam contoh cara melukis atau menggambar bayangan pada cermin datar berikut ini kita akan ambil 3 kasus. Pertama cara melukis bayangan pada cermin datar untuk titik, lalu menggambar bayangan pada cermin datar untuk garis dan berikutnya untuk sebuah bangun dimensi 3.

Cara Menggambar Bayangan Titik pada Cermin Datar

Untuk menggambar bayangan titik pada cermin datar setidaknya harus menggunakan 2 berkas sinar datang pada cermin. Berikutnya, berdasarkan hukum Snellius, sudut datang suatu berkas sinar sama dengan sudut pantulnya. Inilah yang menjadi prinsip utama cara melukis bayangan pada cermin datar.

Mari kita mulai,
Langkah 1: Misalkan anda diberikan sebuah titik dan cermin. Kemudian anda harus melukis bayangan titik pada cermin datar tersebut dimana jarak antara titik dan cermin sama dengan jarak bayangan pada cermin. Titik bayangan akan berada pada bagian dalam cermin tersebut karena kita ketahui sebelumnya sifat bayangan cermin datar adalah maya. Artinya bisa kita bagi daerahnya seperti berikut.
langkah menggambar, melukis bayangan pada cermin datar

Langkah 2: Gunakan dua sinar sembarang yang melewati benda. Anda boleh ambil 2 sinar datang, kemudian sudut sinar datang tersebut dipantulkan sama dengan sudut pantul pada bidang pantul. Perhatikan sinar datang yang berwarna kuning dan hijau di bawah ini. Sudut putih adalah sudut datang dan biru adalah sudut pantul.
langkah menggambar, melukis bayangan pada cermin datar 2

Langkah 3: Perpanjang 'garis' pada pantul ke dalam cermin. Hingga garis pantul pertama (kuning) dan kedua (hijau) bertemu pada suatu titik. Di Titik tersebutlah bayangan benda kita. Hasil perpanjangannya bisa anda lihat sebagai garis putus putus di bawah ini.
langkah menggambar, melukis bayangan pada cermin datar 3
Sekarang anda telah mendapatkan bayangan titik merah, dimana bayangan tersebut ditunjukkan oleh titik berwarna biru.

Berikutnya, mari kita lanjutkan dengan melukis atau menggambar bayangan pada cermin datar untuk objek 2 dimensi atau berupa garis.

Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Langkah dan Cara Melukis Bayangan Benda (Titik) pada Cermin Datar"

Post a Comment