Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Membedakan Pernyataan, Kalimat Terbuka dan Kalimat Tertutup

Matematika adalah ilmu yang bertujuan untuk mengoptimalkan logika dalam berpikir. Logika digunakan untuk memecahkan permasalahan permasalahan yang ada.

Salah satu dasar dalam logika tersebut adalah menarik kesimpulan dari beberapa premis. Namun, tentunya anda harus mengenal bahwasanya premis tersebut berisi sebuah kalimat.

Ini erat sekali kaitannya dimana peran matematika sebagai bahasa universal pengetahuan. Dalam bahasa terdapat kalimat, nah secara matematis; kalimat tersebut dibagi atas,

  1. Kalimat Pernyataan
  2. Kalimat Tertutup
  3. Kalimat terbuka
Bagaimana membedakan antara tiga jenis kalimat tersebut? Itulah yang akan diuraikan pada halaman ini.

Kalimat Pernyataan & Kalimat Tertutup


Pengertian pernyataan dan kalimat tertutup secara logika matematis adalah kalimat yang bisa dipastikan nilainya. Nilai kalimat tersebut Benar  atau Salah.

Dengan kata lain, kalimat tersebut pasti. Arti pasti disini mutlak benar atau mutlak salah. Tidak harus selalu benar.

Sebagai contoh Pernyataan dan Kalimat tertutup dalam matematika,

  1. Jam Gadang terletak di kota Medan. Kalimat ini bernilai Salah. Karena sesungguhnya Jam Gadang ada di Bukittinggi. Dengan demikian bisa dikatakan ini adalah pernyataan atau kalimat tertutup. Sebab, kalimat tersebut mutlak bernilai Salah.
  2. Bapak Jokowi adalah Presiden Indonesia pada tahun 2014-2019. Kalimat ini bernilai Mutlak benar. Oleh sebab itu ini bisa dikatakan sebuah pernyataan.
  3. 3+1= 18. Ini juga termasuk pernyataan. Karena nilai kalimat tersebut mutlak Salah. 

Kalimat Terbuka dalam Matematika

Pengertian kalimat terbuka dalam matematika adalah kalimat yang tidak bisa dipastikan nilai kebenarannya. Sederhananya bersifat kondisional. Suatu waktu bisa benar dan suatu waktu bisa salah. Inkonsisten atau plin plan dalam bahasa gaulnya.

Jika dibawakan dalam kalimat kalimat matematika, biasanya kalimat terbuka ini berupa persamaan dengan sebuah atau dua variabel. Contoh Kalimat terbuka,
  1. Kalimat tanya, dan kalimat perintah. Contohnya, Apakah nama kamu Nur Aini?
  2. x+y= 14. Ini kalimat terbuka, karena ini tergantung kita mengambil nilai x dan y berapa. Jika x dan y masing masing 5 dan 6 pernyataan salah. jika x dan y masing masing diambil 10 dan 4 maka nilainya benar. Terlihat inkonsistensi nilai kebenaran di sini.


Mencari Penyelesaian Kalimat Terbuka

Penyelesaian dari Kalimat terbuka maksudnya adalah kita harus menemukan sebuah solusi agar kalimat tersebut bernilai benar. Sebagai contoh dalam matematika,

a+2 = 17 (ini adalah kalimat terbuka)
kita selesaiakan
a+2=17
a=15
Jadi penyelesaian dari a+2=17, a=15.

Rata-rata ini digunakan untuk mencari nilai himpunan penyelesaian sebuah persamaan. Untuk sementara, ini anda sudah bisa bukan memahami arti dan contoh kalimat terbuka dan kalimat tertutup dalam matematika?


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Membedakan Pernyataan, Kalimat Terbuka dan Kalimat Tertutup"

Post a Comment