Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Sifat Sifat Bangun Datar Segitiga

Pengertian segitiga secara pemahaman bahasa adalah sebuah bangun datar yang dibatasi oleh tiga garis yang tidak berimpit. Jika dikaitkan dengan pengertian secara sudut, bisa dikatakan segitiga adalah bangun yang memiliki 3 sudut dan terbentuk dari perpotongan garis dan diantara garis tersebut tidak ada yang sejajar.

Secara deskripsi mungkin bisa dibuat pengertian segitiga ini dalam banyak kalimat. Namun, secara geometris tentunya anda sudah paham betul tentang bagaimana bentuk segitiga ini. 

Setelah mengenal bentuk segitiga tersebut, berikutnya anda harus tahu sifat sifat sudut pada sebuah segitiga. Mari kita lihat sifat yang dimiliki oleh sudut sudut pada sebuah segitiga ini.

1. Jumlah Sudut sebuah Segitiga

Sebagaimana salah satu pemahaman tentang segitiga yaitu bangun datar yang memiliki tiga sudut yang terbentuk dari 3 garis yang tidak sejajar dan saling berpotongan. Jika ditelusuri ketiga sudut dalam sebuah segitiga ini jumlahnya adalah 180 o

Konteksnya disini adalah sudut sudut pada bagian dalam segitiga. Misalkan anda memiliki segitiga PQR. Asumsikan gambar segitiga anda seperti berikut,
Jika sudut ∠P (merah) sudut ∠Q (biru) dan ∠R berwarna hijau dijumlahkan maka hasilnya adalah 180o. Atau bisa ditulis: ∠P+ ∠Q+∠R=180o

Tentu akan menjadi pertanyaan kenapa jumlah sudut sebuah segitiga tersebut 180 derajat? Alasan mengapa jumlah sudut sebuah segitiga tersebut 180 derajat, pembuktiannya bisa anda baca pada halaman berikut: Pembuktian Jumlah Sudut dalam Sebuah Segitiga 180o

Jumlah Dua Sudut Dalam Segitiga 

Jumlah dua buah sudut dalam segitiga sama dengan sudut luar pada sudut lainnya. Maksudnya seperti ini,
Anda perhatikan sudut yang ditandai warna kuning. Sudut tersebut dinamakan sudut luar P. Jumlah dua sudut dalam (sudut Q dan Sudut R - biru dan hijau) sama dengan sudut luar lainnya (sudut P yang kuning).

Kenapa bisa begitu?
Dari sifat pertama:
∠P(merah)+ ∠Q+∠R=180o
∠P(merah)=180o-(∠Q+∠R)

Perhatikan pada P
∠Pkuning+∠Pmerah =180o (pelurus)
∠Pmerah=180o - ∠Pkuning
180o-(∠Q+∠R) =180o - ∠Pkuning
(∠Q+∠R)  ∠Pkuning


Panjang Dua Sisi Segitiga

Berikutnya dinamakan ketaksamaan segitiga. Bunyi ketaksamaan segitiga ini:
Jumlah dua sisi pada sebuah segitiga pasti lebih besar dari salah satu sisi lainnya.
Berdasarkan segitiga di atas bisa ditulis,

PQ+QR > PR
PQ+PR>QR
PR+QR >PQ

Hubungan Sisi dan Sudut Segitiga

Sebenarnya untuk ini anda sudah tahu secara tidak langsung. Semakin besar sudut segitiga maka sisi di depannya akan semakin panjang.

Dari segitiga di atas terlihat PR>PQ>QR artinya ∠Q> ∠R>∠P. Baca juga: Cara Jenis Menentukan Segitiga Siku-Siku, Lancip dan Tumpul.



Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Sifat Sifat Bangun Datar Segitiga"

Post a Comment