Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Rusuk, Sisi, Titik Sudut, Diagonal Bidang, Diagonal Ruang

Rusuk, Sisi, Titik Sudut, Diagonal Bidang, Diagonal Ruang, Bidang diagonal adalah bagian bagian dari sebuah bangun ruang. Lalu mana sih bagian yang dimaksud dan apa pengertian masing masingnya?

Berikut pengertian dari rusuk, sisi, titik sudut, diagonal bidang, diagonal ruang.

Rusuk

Adalah bagian dari bangun ruang yang berupa kerangka dari bangun ruang itu sendiri. Ibaratnya kalau manusia, ini tulang tulang dasar pembentuk tubuh. Misalkan kalau kita punya kubus,
AB, BC, CD, AD,AE,BF, CG,DH EF, FG, GH, HE dan EF adalah rusuk dari kubus tersebut. Bisa dipahami bukan bahwasanya rusuk itu apa. Jumlah rusuk kubus di atas adalah 12.

Titik Sudut

Pengertian titik sudut ialah titik perpotongan dua atau lebih rusuk. Biasanya ini akan diberi nama sebuah abjad.

Jika merujuk pada kubus di atas, maka titik A,B,C, ... H adalah titik sudut kubus. Bisa diambil contoh titik A dimana perpotongan antara rusuk AB, AD dan AE.

Sisi

Adalah bagian 2 dimensi pembentuk bangun ruang. Bentuknya berupa bidang. Ini bisa diibaratkan sebagai sebuah dinding, atap dan lantai jika kubus tersebut dimisalkan seperti rumah.
Nah sebagai contoh BCFG merupakan salah satu sisi kubus dari gambar di atas. Untuk sisi lainnya yaitu ABCD (alas), ADEH (kiri) EFGH (atas) ABEF (depan) DCHG ( sisi belakang).

Diagonal Bidang

Pengertian diagonal bidang adalah diagonal yang berada pada bidang bidang pembentuk bangun ruang atau pada sisi bangun ruang.

Merujuk pada kubus di atas, misalkan pada  bidang BCFG. Maka jika C dan F dihubungkan sehingga menjadi CF , ini adalah diagonal bidang. Contoh lainnya BG, AC, BD, AF, BE, CH, DG, DE, AH.


Diagonal Ruang

Adalah garis yang melintasi ruang yang menghubungkan dua titik sudut yang tak sebidang. Sebagai contoh:
GAris AG, BH, CE, DF, merupakan diagonal bidang ruang kubus pada gambar di atas.

Bidang Diagonal

Pengertian bidang diagonal adalah, bidang yang melintasi ruang dalam bangun ruang. Agar lebih mudah bisa diperhatikan contoh gambar bidang diagonal pada kubus di bawah ini.
Itulah bagian bagian dasar bangun ruang yang harus diketahui. Selanjutnya: Panjang Beberapa Garis Istimewa pada Kubus


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Rusuk, Sisi, Titik Sudut, Diagonal Bidang, Diagonal Ruang"

Post a Comment