Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Kombinatorika - Aturan Penjumlahan

Kombinatorika - Aturan Penjumlahan
Aturan Penjumlahan dalam kombinatorika, Kapan digunakan? Aturan penjumlahan ini digunakan ketika suatu kejadian dapat dikerjakan dengan beberapa cara, tetapi cara-cara ini tidak dapat dikerjakan pada waktu yang sama.
Jika
$n_1$ kejadian 1
$n_2$ kejadian 2
$n_3$ kejadian 3
....
$n_p$ kejadian p
Maka seluruh kejadian total dalam prosedur tersebut dapat dihitung menjadi
$n_1 + n_2  + n_3+... + n_p$.

Sebagai pengantar awal, antara kejadian tidak ada hubungan yang terjadi dalam waktu yang bersamaan. Ini anda harus benar pahami untuk membedakannya dengan aturan perkalian kombinatorika, Lebih lanjut perhatikan contoh kasus aturan penjumlahan di bawah ini,


Soal 1: Dalam sebuah kepanitiaan, wakil dari sebuah jurusan dapat dipilih dari dosen, atau mahasiswa. Jika pada jurusan tersebut memiliki 20 dosen dan 43 mahasiswa, Berapa banyak cara memilih wakil dari jurusan tersebut?

Jawab: Ada 20 cara untuk memilih wakil jika dari dosen. Sementara itu 43 cara memilih wakil dari  mahasiswa. Sebab tidak ada hubungan dosen dan mahasiswa, maksudnya: TIDAK ADA SATU ORANG YANG MENJADI DOSEN DAN MAHASISWA DALAM WAKTU BERSAMAAN DI UNIVERSITAS TERSEBUT. maka berdasarkan aturan penjumlahan, ada 20+43=63 cara untuk memilih wakil dari jurusan itu.

Soal 2: Jenni dapat memilih sebuah proyek komputer dari salah satu diantara tiga daftar yang tersedia. Tiga daftar tersebut terdiri atas 23, 15, dan 19 kemungkinan proyek. Proyek - proyek komputer yang ada pada ketiga daftar tersebut semuanya berbeda. Berapa banyak kemungkinan Jenni tersebut memilih proyek komputer?

Jawab:
Analisis, Jenni TIDAK AKAN MENGERJAKAN 2 PROYEK DALAM WAKTU BERSAMAAN. Makanya disini digunakan aturan penjumlahan. Sehingga total banyak cara Jenni memilih proyek tersebut,
23+15+19 = 57.


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Kombinatorika - Aturan Penjumlahan"

Post a Comment