Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Apa itu Statistika?

Istilah statistika diserap dari bahasa Itali yakni statista. Artinya negarawan. Adalah Gottfried Achenwall menggunakan istilah ini untuk pertama kalinya. Di Inggris istilah ini diperkenalkan oleh Zimmeman. John Sinclair yang menduniakan istilah statistika yang dalam kesehariannya bekerja di Statistical Account of Scotland.

Ada beberapa istilah dalam statistika yang harus anda pahami agar tidak salah paham. Statistik (bukan statistika) adalah himpunan nilai atau angka yang mendeskripsikan karakteristik kumpulan data. 

Statistika sendiri artinya adalah ilmu yang berhubungan dengan teknik pengumpulan, pengolahan, penyajian dan interpretasi data sehingga bisa ditarik sebuah kesimpulan dari data tersebut. Jadi hati hati dalam penggunakan istilah tersebut.

Anda juga akan menemui beberapa istilah seperti,
  1. Datum - yaitu informasi yang didapat dari sebuah pengamatan. Bisa berupa angka, simbol atau sifat data itu sendiri.
  2. Data - sekumpulan informasi dan keterangan baik dalam numerik ataupun non-numerik
  3. Populasi - keseluruhan objek yang diamati
  4. Sampel - Bagian dari semua objek yang diamati.
Dalam pengumpulan data statistik bisa digunakan berbagai macam cara. Contohnya pengamatan (observasi); wawancara dan kuesinoner dll sebagainya.

Data tersebut bisa diklasifikasikan menjadi 2 macam,
  1. Data kualitatif. Tipe data ini berbentuk angka dan bilangan. Data kualitatif terdiri dari data cacahan/diskrit yang mana diperoleh dari mencacah. Contohnya berapa banyak anak kucing di komplek A. Yang ke dua data ukurang atau kontinu, dimana didapat dari pengukuran. Contoh data berat badan siswa SMA kelas X.
  2. Data kualitatif, Tipe data ini bukan dalam bentuk angka. Karakteristik data berupa sifat, ciri ciri atau gambaran kualitas. Data ini dinamana atribut. Sebagai contoh ukuran data ini, misalkan pelayanan yang dinilai dengan kriteria baik, kurang atau sedang.

Interpolasi dan Ekstrapolasi Data

Interpolasi dan Ekstrapolasi data adalah hal yang berhubungan dengan perkiraan. Lebih jelas perbedaan interpolasi dan ekstrapolasi data ini sebagai berikut,
  • Interpolasi data adalah taksiran data atau perkiraan di antara 2 kondisi yang terurut. Misal, perkiraan antara 2 waktu. 
  • Ekstrapolasi adalah taksiran atau perkiraan untuk waktu yang akan datang. Ini lebih cendrung seperti prediksi.
Coba perhatikan penyajian data berikut,
Anda bisa perkirakan berapa jumlah data di bulan februari. Perkiraan ini disebut dengan interpolasi. Anda juga bisa prediksi untuk bulan Mei, ini dinamakan ekstrapolasi data.

Data yang diperoleh akan disajikan (penyajian data). Selanjutnya dilakukan pemusatan data beserta penyebaran data sebagai bentuk pengolahan. Barulah terakhir akan dibuat konklusi dari data data tersebut. Itulah beberapa hal mendasar mengenai statistika. Lebih lanjut anda bisa mengetahui uraian penyebaran, pemusatan dll untuk statistika pada : Daftar Materi Statistika.



Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Apa itu Statistika?"

Post a Comment