Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

'Emang Menghitung Benda Jatuh' Ada gunanya dalam Fisika?

Sebuah pertanyaan menarik dari seorang siswa yang mungkin sulit menguasai fisika pada suatu waktu. Lebih tepatnya ketika belajar tentang hukum Newton. Menghitung percepatan batu jatuh apa gunanya? Jatuh ya jatuh saja.

Tak banyak yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Atau bahkan pertanyaan lain yang menyudutkan sains bagi yang belum tahu (red:siswa). Pada intinya mereka bertanya untuk apa kita belajar beginian, apakah dipakah dalam kehidupan sehari-hari?

Sebenarnya tak hanya di fisika, pada matematika contohnya pada topik integral. Untuk apa belajar integral, apa kegunaan integral?

Perlu diberitahu, sebenarnya yang diajarkan tersebut hanya dasar saja. Ibarat kata seperti ketika belajar berdiri. Apakah bayi dari posisi tidur bisa langsung berdiri? Mereka harus menelungkup, merangkak, duduk, berdiri dan berjalan.

Jika reciprocal kan, apa gunanya mereka menelungkup?

Seperti itulah sains yang diajarkan. Pada jenjang sekolah dasar, baru diperkenalkan dasar dasar saja. Untuk aplikasi akan digunakan dalam tingkat yang lanjut.

Namun dibalik ini semua, juga sangat disayangkan. Banyak guru sains yang hanya memberikan rumus. Topik ini, topik itu, hafalkan ini hafalkan itu. Sangat jarang yang bisa memperkenalkan topik ini dalam konteks apa, contoh aplikasi dan penggunaannya seperti apa.

Manusiawi pada diri anak tersebut, ketika berjalan, tanpa arah dan tujuan yang pasti. Tentu sangat dirasa tidak berguna bukan?

Penggalian pendekatan pembelajaran yang lebih konkrit pada kehidupan nyata akan sangat membantu dalam meningkatkan motivasi dalam pembelajaran siswa. Terutama dalam sabjek sabjek sains. Tanpa adanya gambaran yang real, tentu akan menjadi seperti memperkenalkan imajinasi imajinasi sampah saja. Sadar atau tidak sadar, jika anda merasa sesuatu tidak berguna  untuk diri anda, enggan pasti untuk terlibat. Begitupula perihal ini dalam diri siswa.


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "'Emang Menghitung Benda Jatuh' Ada gunanya dalam Fisika?"

Post a Comment