Cara Import Soal ke Question Bank pada Moodle

Mungkin dalam pembuatan soal ke dalam Quiz di Moodle sebelumnya harus diinput tiap tiap soal dalam kondisi komputer anda terhubung ke internet. Pada beberapa kondisi anda adakalanya tidak mendapatkan sambungan internet. Apakah hal ini akan menghambat proses anda ingin membuat soal untuk bahan mengajar di Moodle?

Tidak. Andas bisa mengetik soal secara offline sebelumnya dalam beberapa format. Setelah itu file tersebut bisa di Import pada bank soal di Moodle ketika sudah terhubung dengan sambungan internet.

Beberapa format yang bisa digunakan untuk menyimpan soal secara offline antara lain,

  1. Aiken format
  2. Blackboard
  3. Embedded answers (Cloze)
  4. Examview
  5. GIFT format
  6. Missing word format
  7. Moodle XML format
  8. WebCT format
Untuk masing masing syarat dan format penulisan soal dari masing masing format di atas bisa langsung diklik format di atas.

Cara Import Soal ke Bank Soal Moodle

Untuk impor soal, pastikan anda telah berada pada Course mana yang akan di import soal-nya. Setelah itu pada gerigi kanan atas, pilih More
Akan muncul halaman yang menampilkan 2 tab, Course Administration dan User. Pastikan anda aktif pada tab Course Administration, Di bagian bawah terdapat Question Bank. Silakan pilih Import pada sub menu tersebut.

Selanjutnya pada tampilan halaman impor tersebut, pilih radio opition sesuai format soal yang telah anda ketik. (Blackboard, Aiken, dst).

Pilihan menu ke-2 ada General. pada Import Category, pastikan sesuai dengan kelas yang anda ajar tersebut. 2 centang di sana jika ragu silakan di nonaktifkan.

Sementara di kolom impor silakan di Choose File dan cari file yang akan anda impor di lokasi penyimpanan anda pada komputer. Jika suda selesai,  bisa langsung memilih button biru Import.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.