Cara Memasukkan Persamaan Matematika dalam Quiz Moodle

Penggunaan moodle sebagai LMS bisa dibilang sangat populer dikalangan pendidikan. Sistem Learning Management ini sangat membantu dalam edukasi berbasis online. Nah, yang merupakan salah satu unsur penting dalam pendidikan pastinya adalah evaluasi.

Tersedianya fitur Quiz pada Moodle adalah sebagai bentuk kelengkapan LMS ini dalam mendukung kegiatan penggunanya. Bagi anda yang baru dengan LMS Moodle ini, akan menjadi pertanyaan bagaimana dengan cabang ilmu eksak yang membutuhkan penulisan persamaan. Apakah harus dalam bentuk image?

Jawabannya tidak. Persamaan matematika pada Moodle atau pada website, blog dan lainnya bisa ditulis dengan dukungan LaTex atau Mathjax. Layanan ini akan membantu menampilkan persamaan matematika yang ditampillkan dengan basis browser.

Bagi pemula mungkin akan kesulitan bagaimana  menulis persamaan matematika tersebut. Agar lebih mudah bisa anda gunakan Latex Editor pada salah satu halaman dibawah ini:

  1. Latex Editor by MarthaMatika
  2. Latex Editot by Anda
Setelah anda sampai pada salah satu alamat di atas. Bisa diperhatikan editornya. Pada bagian atas bisa dipilih bagaimana bentuk persamaan yang mau ditulis. Previewnya seperti berikut,

Pada bagian yang saya beri kotak merah, adalah template Format persamaan atau simbol matematika yang akan ditulis. Arahkan kursor ke salah satu simbol/format akan tampil beberapa format/simbol lain. Jika sesuai dengan yang anda inginkan silakan klik, kemudian isikan 'nilai' persamaan yang mau di masukkan. 

Pada bagian yang dikotak biru, adalah kode persamaan. Kode tersebut nanti akan anda copy.

Jika persamaan yang anda tulis benar, maka pada posisi kotak hijau akan muncul preview persamaan anda. Jika tidak muncul ada kemungkinan kesalahan dalam penulisan kode.

Input Persamaan ke dalam Moodle

Berikutnya silakan ke editor Moodle anda. Misalkan ini akan ditampilkan pada Quiz. Pada editor question quiz, pastekan kode pada kotak biru.
Beri tanda 'dua dollar ' masing masing pada awal dan akhir kode. Contohnya persamaan di atas, maka ditulis seperti tampilan di bawah ini.
Fungsi dari 'dua dollar' tersebut sebagai tag pembuka dan penutup persamaan. Di luar tag tersebut bisa ditambahkan kalimat atau kata kata lain.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.