Cara Membuat Quiz / Ulangan dengan Moodle

Ketikak membuat quiz pada moodle, setidaknya anda harus log in sebagai guru. Setelah log in sebagai guru akan dijumpai halaman tampilan seperti gambar di bawah ini.


Langkah selanjutnya silakan pilih kelas apa yang akan di sebuah Quiz. Untuk demo ini saya akan menambahkan sebuah Quiz kelas 7 dalam pelajaran bahasa Indonesia pada topik Belajar Membaca.

Berikutnya setelah klik kelas, pastikan untuk pengeditan telah aktif. Caranya anda lihat pada sudut kanan atas gambar gerigi, lalu klik. Pilih Turn Editing On.


Lalu pilih mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Topik Belajar Membaca. Lanjutkan dengan klik Add an Activity and Resource.

Pada jendela yang muncul silakan dipilih Quiz dan dilanjutkan dengan ADD button di bagian bawah.

Pada halaman yang muncul seperti gambar berikut, ada banyak menu.


Penjelasa dari menu menu di atas segai berikut:

  1. General . Harus diisikan nama Quiz seperti UH 1 Belajar Membaca.  Pada Description silakan diisi sesuai deskripsi ulangan ini. Misal ada 30 soal yang akan harus anda kerjakan dalam waktu 30 menit.
  2. Timing. Open the Quiz adalah waktu kapan Quiz akan dilaunching dan bisa diakses. Sementara Close the Quiz adalah kapan batas waktu terakhir untuk mengikuti quiz tersebut.  Untuk Time Limit merupakan durasi waktu bagi siswa untuk mengerjakan Quiz. Untuk When Time Expires bisa dipilih Open Attempts are sub automatically / Jika waktu habis maka otomatis akan di submit hasil pekerjaan siswa. 
  3. Layout, adalah pengaturan tampilan apakah mau 1 pertanyaan tiap halaman atau 1 halaman untuk semua pertanyaan. Tergantung selera anda.
  4. Question Behaviour. Disarankan memilihShuffle With Question  dalam keadaan Yes. Ini artinya pilihan akan acak ditampilkan antar siswa. Jadi siswa 1 dan yang lain akan dapat pilihan dan soal yang acak alias tidak sama urutannya.
  5. Grade, pilih angka pada Attempts Allowed untuk membatasi berapa kali siswa bisa mengerjakan ulang Quiz yang sama. Sebaiknya isi 1 saja.

Jika dilihat masih banyak menu menu lainnya. Yang paling penting dan sesuai kebutuhan sementara yang saya jelaskan di atas. Untuk menu lainnya bisa di pahami ataupun tidak digunakan jika tidak tahu fungsinya.
Jika selesai, bisa Save and Return to Course. Agar susunan rapi, seperti mata pelajaran Fisika seperti gambar di bawah ini,


Anda bisa klik tahan dan geser tanda panah 4 arah di samping judul Quiz. Geser ke arah kanan sedikit.

Menambahkan Soal pada Quiz Moodle


Silakan klik judul Quiz kemudian pilih Edit Quiz pada halaman yang muncul. Aktifkan Shuffle agar pertanyaan bisa ditampilkan acak pada 2 atau lebih attendant. Lanjutkan dengan klik Add seperti gambar berikut.


Lalu pilih A New Question. Pada jendela munculan, silakan dipilih tipe soal. Terdapat banyak tipe soal mulai dari Multiple Choice dan lain sebagainya.
Pada halaman baru yang tampil, silakan dipilih dan di isi,

  1. Category - pilih sesuai dengan nama Quiz anda saja
  2. Question Name - Pertanyaan tentang apa
  3. Question Text - Teks pertanyaan
  4. Selanjutnya bisa dilanjutkan pada Answer. Isikan pilihan pada kolom Choice 1.
  5. Untuk Grade isikan 100% pada jawaban benar dan None untuk jawaban salah. 

Teraakhir silakan pilih Save and Return to Course.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.