Apa Itu Y-Connect Yamaha dan Cara Kerjanya

Perkembangan teknologi informasi juga mewarnai dunia otomotif. Kini PT.Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengembangkan aplikasi Y-Connect yang terkoneksi dengan All New Yamaha Nmax 2020 ABS dan All New Yamaha Aerox Connected. Hal ini menjadikannya semakin diminati oleh masyarakat karena teknologi skuter premium yang canggih dan berkelas.

Apa Itu Y-Connect Yamaha 


Y-Connect merupakan perangkat lunak yang dapat menghubungkan antara unit motor buatan dengan smartphone melalui Communication Control Unit (CCU) berbasis bluetooth. Teknologi ini diaplikasikan pertama kali pada motor buatan Indonesia yang mampu membantu para pemilik motor mengecek kondisi motor secara realtime.

Cara kerjanya dapat dilakukan dengan melakukan scanning pada Quick Start Y-Connect. Selain itu, Anda bisa mendapatkan aplikasinya di Google Play Store. Anda dpat menghubungkan smartphone dengan perangkat UCC melalui bluetooth.

Fitur Apa yang Ada Pada Y-connect dari Yamaha

Pemakaian motor dari Yamaha jenis Nmax ABS/Connected semakin diminati karena kelengkapan fitur Y-connect yang canggih. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Fuel Consumption=> pengguna motor dapat mengetahui konsumsi bahan bakar saat dikendarai. Hal ini dapat dijadikan sebagai patokan atau ukuran umtuk mengatur pengeluaran bensin sehingga lebih irit dengan melihat informasin dari aplikasi.

Fitur Revs Dashboard=> tampilannya semakin menarik dan desain modern. kelengkapan pada fitur ini dapat berupa tampilan display RPM meter berupa vertical bar. Tentunya diikuti dengan informasi terkait Eco indicator yang terletak di bagian atas.

Tampilan Speedometer yang multifungsi=> selain menjadi patokan pengguna motor untuk mengetahui berapa kecepatan motor saat berkendara. Tampilan speedometer dapat memberikan informasi apabila terdapat pesan maupun panggilan telepon. Dengan begitu, pengendara dapat menepi untuk membalas pesan maupun panggilan.

Fitur Merekam Lokasi Parkir Terakhir=> aplikasi ini dapat merekam lokasi parkir motor yang didasarkan atas lokasi terakhir ketika motor tidak terhubung atau disconnected dari smartphone. Hal ini membantu Anda untuk menemukan motor Anda di parkiran yang ramai.

Fitur Penampil Kondisi Oli Mesin dan Voltase Baterai atau Accu=> Hal ini membantu pengendara untuk memeriksa kondisi kendaraan secara relatime. Tentunya, apabila terjadi kerusakan dapat diatasi sedari dini. tidak hanya itu, pemakaian aplikasi ini dapat membantu di dalam memberikan rekomendasi untuk melakukan perawatan secara rutin.

Fitur pemantauan konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh=> pemakaian ini sangat membantu bagi Anda yang suka melakukan touring.

Pemberitahuan atau peringatan apabila terjadi masalah=> Hal tersebut biasa terjadi apabila unit motor tidak dapat terhubung dengan aplikasi Y-Connect dengan pemberian peringatan. Hal ini dapat diselesaikan lebih dini.

Keunggulan dan Keuntungan Menggunakan Aplikasi Y-Connect

Bentuk fisik dari motor ini memang berbeda dengan motor pada umumnya. Selain itu, sebagai motor yang memiliki koneksi dengan smartphone pertama kali di Indonesia. Tentunya, membuat skuter premium ini semakin banyak diburu. Hal ini juga dikarenakan banyak keuntungan dan keunggulan yang bisa didapatkan. Beberapa diantaranya meliputi:

Deteksi Parking Location=> pemakaian aplikasi dapat membantu Anda lebih cepat menemukan kendaraan di lokasi parkir yang ramai. Hal ini merupakan fitur sekaligus keunggulan unit motor yang mampu terkoneksi dengan peralatan canggih ini.

Pemberitahuan Email, Pesan dan Telepon=>pengendara dapat menepikan kendaraannya apabila terdapat pesan. Selain itu, dapat menerima pemberitahuan dari email maupun telepon.

Pemberitahuan Sistem yang Bermasalah atau Malfungsi=> pengendara dapat melakukan perbaikan sistem atau kendaraan sedini mungkin. Pemberitahuan malfungsi dapat membantu pengguna untuk melakukan perawatan pada bagian yang bermasalah. Tentunya, tampa perlu mengotak-atik bagian lainnya.

Rekomendasi Perawatan Terbaik=> membantu pengguna untuk melakukan maintenace pada kendaraan. Selain itu, mengetahui kondisi baterai dan oli sehingga membuat pengguna menjadi lebih peduli dengan kendaraannya.

Konsumsi BBM sesuai Kebutuhan Pengguna dan Revs Dashboard=> pengguna dapat melakukan analisa penggunaan bahan bakar.

Revs Dashboard=> Selain itu, penggunaan aplikasi dapat menampilkandata berupa sudut bukaan throttle pada perputaran mesin, percepatan dan berkendara secara irit.

Konektivitas Via Bletooth=> Hal ini memudahkan bagi para pengguna untuk melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan secara real time. Tentunya, pemakaian smartphone sudah support bluethooth.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Y-Connect Yamaha

Meskipun terbilang canggih dibandingkan jenis motor Yamaha lainnya. Namun, penggunaan aplikasi Y-connect untuk all new Yamaha Nmax ABS/Coneencted perlu memeprhatikan beberapa hal terkait spesifikasi smartphone yang dapat dikoneksikan via bluetooth dan unit motor yang dapat dihubungkan.

Spesifikasi Handphone yang Bisa Connect

Pemakaian spesifikasi smartphone yang dapat dihubungkan dengan unit motor harus memenuhi syarat minimum. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Sistem Operasi versi Tujuh bahkan diatasnya=> pemakaian sistem operasi Android yang wajib Anda penuhi tidak diperbolehkan di bawah versi tujuh . Hal ini akan membuat sistem tidak dapat terhubung dan mengalami banyak kendala. Setidaknya, versi Nougat yang dilansir Agustus 2016 untuk pengguna Android. Sedangkan, untuk pemakai smartphone Apple maka unit yang diperbolehkan adalah IOS yang dilansir pada bulan Juni 2017.

Pemakaian Bluetooth Versi 4.0=> spesifikasi bluetooth yang diperbolehkan adalah versi 4.0. Hal ini dikarenakan bluetooth tipe ini hemat energi sebelum meningkat menjadi bluetooth versi 5.0. Selain itu, pastikan Anda memiliki koneksi internet atau paket data untuk melakukan pairing.

Pairing and Connecting=> pairing dapat dilakukan oleh banyak smartphone. Namun, ponsel pintar yang mampu terhubung dengan aplikasi hanya satu yang dapat dihubungkan. Sebenarnya, fungsi pairing digunakan untuk mendata list smartphone yang dapat terkoneksi dengan aplikasi, sehingga nantinya mudah untuk menghubungkannya. Selain itu, menghubungkan unit CCU tidak dapat dilakukan dari jarak jauh dan perlu menyalakan motor. Hal ini bertujuan sebagai bagian dari prosesi dan jarak yang dapat ditempuh sekitar 3 meter.

Cara Melakukan Pairing Smartphone dan Unit Motor


Terdapat beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk melakukan pairing smartphone dengan unit motor Nmax ABS/Connected. Beberapa diantaranya meliputi:


Scan QR Code
Scan VIN Barcode
Input VIN Number

Pastikan saat melakukan koneksi atau pairing, GPS Anda dalam kondisi on atau hidup. Selain itu, biarkan Y-Connect dapat mengakses lokasi, data telepon dan Bluetooth Anda.

Unit Motor Yang Memang Sudah Bisa Terkoneksi Y-Connect

Unit motor Yamaha yang dapat terhubung atau terkoneksi langsung dengan Y-connect tidak semuanya. Hanya produk motor keluaran terbaru yang bisa terhubung. Beberapa diantaranya meliput, All New Nmax ABS/Connected. Terobosan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna yang selalu mengalami kemajuan. Selain itu, meningkatkan lifestyle dan kehidupan berkendara yang mengintegrasikan antara IT dengan otomotif.

Cara Memasang, Menghubungkan dan Menggunakan Y-Connect

Cara menghubungkan Y-connect dengan kendaraan bermotor terlebih dahulu harus melakukan pengunduhan aplikasi. Anda dapat melakukan download di Google Play Store. Selain itu, Anda juga dapat mengunduhya di situs resmi Yamaha Motor Indonesia dengan klik disni untuk melakukan pengunduhan aplikasi. Berikut tata cara menghubungkan smartphone dengan aplikasi Y-Connect pada perangkat CCU pada unit motor:


Unduh dan Masuk ke Aplikasi Y-Connect

Lakukan Scanning QR Code di Quick Start Y-connect



download aplikasi Y-Connect­čí¬ Instal aplikasi Y-Connect pada Smartphone



Buka Aplikasi Y-Connect ­čí¬ Login dengan Email­čí¬ isi data secara lengkap­čí¬ buka email dan lakukan verifikasi



Lakukan Koneksi antara Smartphone dengan Perangkat CCU pada Unit Motor via Bluetooth. Jangan lupa hidupkan koneksi internet. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya meliputi:



Lakukan Scanning QR Code di perangkat CCU pada unit motor­čí¬ Hubungkan atau lakukan koneksi

Scanning barcode nomor pada rangka motor ­čí¬ hubungkan koneksinya

Input nomor rangka motor secara manual ­čí¬ hubungkan konkesinya

Nyalakan unit motor Anda dengan memutar bagian knob atau main switch pada posisi ON

Perangkat CCU akan mensearch konektiivitas perangkat dengan smartphone-ID Anda­čí¬ Izinkan jika terdapat notifikasi




Setelah itu, Smartphone-ID akan terhubung pada Perangkat CCU. Hal tersebut dapat diketahui dari indikator Y-Connect dan baterai smartphone muncul pada layar multifanction meter di unit motor



Bgai Anda yang ingin memiliki beragam keunggulan fitur Y-connect. Tentunya, pastikan Anda mempunyai unit motor all new yamaha Nmax. Tidak hanya terlihat modern dan desainnya yang canggih. Namun, motor buatan indonesia ini terbilang cukup unik dan premium.

Sumber :
  • https://yamaha-motor.co.id/yamahamobileapps/
  • https://www.liputan6.com/otomotif/read/4349181/fitur-baru-pada-aplikasi-y-connect-yamaha-apa-saja
  • https://autotekno.sindonews.com/berita/1527346/184/cara-penggunaan-aplikasi-y-connect-di-all-new-nmax-connected
  • https://www.oto.com/berita-motor/5-hal-yang-wajib-diketahui-soal-y-connect-pada-all-new-yamaha-nmax-abs
  • https://www.ayobogor.com/read/2020/02/13/5963/cara-mengubungkan-aplikasi-y-connect-dengan-yamaha-all-new-nmax-155
  • https://www.gridoto.com/read/222013136/ternyata-begini-cara-menghubungkan-fitur-y-connect-yamaha-all-new-nmax-ke-smartphone
  • https://news.olx.co.id/article/begini-cara-mudah-aktifkan-aplikasi-yconnect-yamaha-nmax-baru
  • https://www.youtube.com/watch?v=AVZERJt8VqY

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.