Cara Beli Saham dengan Modal Kecil Bagi Pemula


Tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk saham? Namun, terkendala modal yang tidak terlalu besar? Jangan khawatir, kini Anda dapat bermain dalam pasar saham dengan modal kecil saja. Kami akan hadirkan tips cara beli saham dengan modal kecil bagi Anda yang tergolong trader pemula. Mari simak ulasan tipsnya.

Pahami Investasi Saham

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam bentuk saham, idealnya Anda harus memahami segala hal mengenai investasi Anda.
Saham adalah sebuah bukti kepemilikan, yang dipergunakan untuk mengklaim keuntungan atau pendapatan dari suatu perusahaan ataupun Perseroan Terbatas (PT). Ketika Anda membeli saham, maka dapat dibilang jika Anda juga termasuk salah satu pemilik dari sebuah perusahaan. Pendapatan perusahaan yang bisa Anda klaimkan, disesuaikan dengan jumlah saham yang telah Anda beli dan miliki.

Profit ataupun pendapatan perusahaan yang bisa Anda peroleh dari kepemilikan saham, yakni deviden dan capital gain. Deviden ialah pembagian profit perusahaan yang dapat Anda peroleh pada tiap tahunnya. Sedangkan capital gain, yaitu selisih antara harga jual dan harga beli saham yang bisa Anda dapatkan.

Bagi kebanyakan orang, investasi saham dianggap rumit, butuh modal besar dan membingungkan. Padahal selama Anda mau belajar untuk memahami dan menguasai, justru saham termasuk instrumen keuangan yang cukup mudah diperdagangkan untuk menjadi investasi serta menghasilkan keuntungan.

Bahkan kini, Anda sudah bisa berinvestasi saham, hanya dengan modal sebesar 100 ribu saja. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak beberapa tips cara beli saham dengan modal kecil yang sudah kami rangkum berikut ini.

Tips Cara Beli Saham dengan Modal Kecil

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda coba dan terapkan, agar dapat berinvestasi saham tanpa harus mempersiapkan modal dalam jumlah besar.

1. Pilih Sekuritas/Pialang Saham dengan Biaya Murah

Pialang saham atau perusahaan sekuritas yang juga biasa disebut broker, akan sangat penting keberadaannya dalam karir investasi saham Anda. Sebab dia yang akan mendampingi, membantu dan juga mengawasi investasi Anda sedari awal serta memastikan jika Anda akan memeperoleh keuntungan. Itulah sebabnya Anda harus memilih sekuritas atau pialang yang aman, terpercaya, terjamin kualitasnya serta ringan atau murah biayanya.

Terutama apabila Anda tidak memiliki modal besar. Pilih broker atau pialang saham yang setoran awal rekeningnya boleh di bawah angka 5 juta. Selain itu perhitungkan pula besaran fee untuk tiap transaksi, sebab tiap broker atau pialang saham memiliki perhitungan dan kebijakan yang berbeda untuk besaran biaya per transaksinya. Ini pertimbangan penting bagi pemula yang memerlukan cara beli saham dengan modal kecil.

2. Manfaatkan Aplikasi Trading

Dulu, para investor saham kerap kali kesulitan dalam memantau pergerakan yang terjadi pada pasar. Namun, saat ini telah hadir berbagai aplikasi trading yang dapat diakses secara online dari mana saja dan kapan saja sehingga memudahkan pengawasan investor terhadap fluktuasi instrumen keuangannya.

Sebab itulah, mengapa Anda harus memilih broker atau pialang saham yang tepat, dimana salah satunya ketersediaan aplikasi trading untuk memudahkan Anda belajar sekaligus memantau setiap pergerakan pasar.

3. Pilih Perusahaan yang Tepat Untuk Anda Beli Sahamnya

Hal penting berikutnya yang harus Anda lakukan dalam berinvestasi saham ialah memilih perusahaan umum yang tepat untuk Anda jadikan investasi. Sebelumnya, lakukan observasi pasar terlebih dahulu, agar tahu perusahaan dalam bidang apa yang berpotensi menguntungkan hingga jangka panjang dan berkelanjutan.

Usai menentukan pilihan jenis industrinya, Anda pilih perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pastikan jika perusahaan tersebut minim resiko dan baik reputasinya. Meskipun sifat saham cenderung high risk high return, tetapi karena Anda mempergunakan modal minimal lebih disarankan untuk memilih saham yang tidak beresiko tinggi untuk meminimalisir kerugian.

Saham beresiko tinggi lebih mudah dimanipulasi oleh para investor bermodal besar. Hal tersebut tentu akan menyulitkan perolehan profit Anda. Sesuaikan perusahaan atau saham dengan kemampuan modal Anda. Untuk modal kecil atau minimal, disarankan untuk membeli saham BUMN yang dari segi keuntungan tergolong potensial.

4. Terapkan Diversifikasi

Meskipun diawali dengan modal kecil, akan tetapi Anda harus tetap melakukan diversifikasi terhadap portofolio saham yang Anda miliki. Dengan cara memilih dua atau lebih saham dari perusahaan yang sesuai budget kemampuan modal.

Hal ini bertujuan agar pada saat Anda mengalami kerugian dari saham perusahaan yang satu, masih ada saham perusahaan lain yang berpotensi profit. Setidaknya hanya ada satu kerugian serta masih mendapat keuntungan meskipun sedikit.

Sebagai catatan sekaligus tips tambahan, Anda disarankan untuk membeli saham dari jenis industri yang berbeda. Pilih jenis industri yang berseberangan tetapi sama-sama potensial menguntungkan. Trik ini akan sangat berguna sebagai atisipasi adanya ketidak stabilan pada suku bunga. Dengan trik ini, Anda tercegah dari kerugian secara bersamaan, akibat dari pengaruh suku bunga yang mengalami fluktuasi.

5. Pantau Gerakan Ekonomi dan Rutin Melakukan Analisa Fundamental

Tips atau cara beli saham dengan modal kecil selanjutnya adalah Anda harus memantau dan mengikuti pergerakan ekonomi baik di dalam maupun luar negeri. Sebab dengan begitu Anda dapat lebih mudah memprediksi pergerakan investasi Anda.

Hal ini bertujuan agar Anda dapat menentukan apakah harus menjual saham Anda atau justru membeli saham baru untuk Anda miliki. Dalam hal ini, pergerakan politik dan juga sosial turut mempengaruhi. Maka Anda perlu memantau perkembangan ketiganya.

Selain mengawasi pergerakan dunia politik, sosial dan ekonomi, analisa fundamental juga perlu dilakukan. Dengan tujuan membantu Anda membuat keputusan haruskah menjual saham atau membeli lagi sebagai tambahan. Keputusan tersebut penting bagi kesuksesan karir investasi Anda yang dimulai dengan modal kecil.

Ketika Anda salah membuat keputusan, bukan tidak mungkin jika akan mengalami kerugian. Meski modal yang digunakan tergolong kecil, tetapi pasti tetap saja Anda tidak ingin rugi. Oleh sebab itulah ikuti tips cara beli saham dengan modal kecil dari kami, sehingga walaupun dengan modal yang tidak besar karir investasi saham Anda mampu meraih keuntungan besar dan terus bersinar. Selamat berinvestasi!
Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar