Ini Dong Manfaat Cokelat

 Cokelat adalah salah satu makanan favorit hampir semua orang di seluruh dunia. Rasanya yang manis dan lezat, membuat makanan yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati dalam segala suasana. Diolah sebagai berbagai jenis kue dan kudapan seperti cake, cookies hingga cokelat bar atau permen cokelat, juga berbagai jenis minuman misalnya cokelat panas dan es cokelat, makanan yang satu ini tak pernah kehilangan kekhasannya. Bahkan, pada beberapa budaya, cokelat juga sering menjadi pilihan hadiah untuk menyatakan perasaan kepada orang yang dikasihi.



Namun, di samping soal kelezatan dan keunikan simbolisme yang dibawanya, tahukah Anda bahwa cokelat juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan? Cokelat memiliki banyak kandungan hebat seperti kalsium, natrium, magnesium, kalium dan berbagai jenis kandungan hebat lainnya. Bahkan, pada jenis dark chocolate, magnesium yang dikandungnya bisa mencapai 36mg per tiap 100 kalori penyajian. Penasaran apa saja manfaat cokelat yang berasal dari kandungan-kandungan hebat di dalamnya? Simak terus pembahasan berikuti ini!

1. Menjaga Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian mengungkap fakta bahwa konsumsi dark chocolate ternyata memiliki pengaruh terhadap kadar LDL seseorang. Individu yang mengonsumsi dark chocolate sebelum melakukan cek kadar LDL diketahui memiliki kadar LDL yang lebih rendah dibandingkan dengan saat tidak mengonsumsi dark chocolate. Hal ini ditengarai merupakan manfaat dari kandungan fitosterol dan flavanol yang dimiliki oleh dark chocolate.

2. Baik untuk Jantung

Kandungan flavonoid di dalam dark chocolate dapat membantu kinerja pembuluh darah vena dan arteri, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Hal ini tentu akan meringankan kinerja jantung sehingga kesehatan jantung pun lebih terjaga. Penelitian membuktikan bahwa sekitar 37% risiko serangan jantung dapat diturunkan jika seseorang mengonsumi dark chocolate.

3. Meningkatkan Fungsi Kogntif

Penelitian menakjubkan telah dilakukan oleh Professor David Kennedy yang merupakan Direktur dari Brain, Performance and Nutrition  Pusat Studi Northumbria University (UK). Penelitian ini mengungkap fakta bahwa dark chocolate ternyata mampu meningkatkan fungsi kognitif seseorang berkat kandungan Flavanoid yang ada di dalamnya. Responden yang mengonsumsi dark chocolate ternyata lebih mampu menyelesaikan soal-soal matematika dengan baik dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

4. Mencegah Kepikunan

Ternyata, rutin mengonsumsi dark chocolate di usia muda mampu menurunkan risiko kepikunan di usia senja. Berkat tingginya kandungan flavanoid di dalam cokelat, fungsi kognitif dan sel-sel otak dapat terjaga kesehatannya sehingga risiko kerusakan sel otak dapat terhindarkan.

5. Meningkatkan Hormon Bahagia

Cokelat kaya akan polifenol yang dapat berpengaruh pada produksi hormon endorfin dan oksitosin di dalam darah. Kedua hormon ini adalah hormon yang sangat berperan untuk menciptakan perasaan tenang, bahagia dan jatuh cinta. Mengonsumsi cokelat pada saat mood sedang buruk terbukti dapat membantu mengembalikan mood baik sehingga perasaan negatif pun dapat berangsur pergi.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya pola hidup dan stress. Pada saat Anda mengalami stress, pembuluh darah akan menegang dan membuat tekanan darah meningkat. Untuk meredakan ketegangan ini, diperlukan senyawa Nitric Oxide (NO) yang cukup di dalam darah. Ketika Anda mengonsumsi dark chocolate, senyawa flavonoid akan membantu meningkatkan produksi Nitric Oxide di dalam darah sehingga Anda akan merasa lebih rileks. 

Nah itulah sederet manfaat cokelat yang perlu Anda ketahui. Menarik, bukan? Jadi, jangan pernah takut untuk mengonsumsi cokelat, ya! Sebab konsumsi cokelat dalam jumlah yang sesuai dan kadar gula yang rendah tidak akan membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda, justru menghadirkan beragam manfaat yang menakjubkan bagi tubuh Anda.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.