Sistem Kekebalan Tubuh Tidak Stabil, Inilah Bahaya Sinar UV

Kulit menjadi bagian tubuh yang perlu mendapatkan perhatian maksimal. Salah satu untuk memperhatikan kesehatan kulit adalah dengan melindungi wajah dari sinar UV. Paparan sinar matahari pada jam – jam tertentu terbilang cukup membahayakan kesehatan kulit Anda.

Manfaat dari sinar UV atau ultraviolet ini bisa Anda rasakan saat pagi hari. Vitamin D yang akan Anda dapatkan ketika berjemur dibawah matahari pagi. Namun setelah lepas dari pagi hari sangat tidak disarankan karena bisa membahayakan kesehatan kulit dan tubuh Anda.

Mengenal Apa Itu Sinar Ultraviolet (UV)

Sinar ultraviolet atau biasa disingkat dengan sebutan sinar UV ini adalah radiasi gelombang elektromagnetik yang berasal langsung dari matahari. Sinar UV ini tidak dapat langsung dilihat dengan mata.

Hanya ada beberapa dari jenis hewan yang mampu melihat sinar ini, seperti burung, lebah dan kupu – kupu. Radiasi gelombang ini tidak sepenuhnya mencapai ke permukaan bumi. Berkat adanya lapisan ozon di atmosfer bumi inilah yang menahan dan mencegah sinar UV.

Inilah Bahaya dan Risiko dari Sinar Ultraviolet Berlebihan

Manfaat dari sinar UV ini adalah kandungan vitamin D yang sangat bagus untuk tubuh. Namun, perlu Anda ketahui adalah sinar ultraviolet ini juga dapat menimbulkan risiko yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

1. Dapat Membuat Kulit Kusam Dan Gelap

Terpapar sinar UV yang berlebihan ini dapat menyebabkan kulit Anda tampak kusam dan terlihat lebih gelap. Risiko ini terbilang wajar jika Anda terpapar sinar matahari langsung dalam tempo waktu yang cukup lama. Ditambah lagi Anda tidak menggunakan krim pelindung kulit maka akan lebih kelihatan dengan jelas.

2. Muncul Tanda Penuaan Dini

Terkena sinar matahari langsung dan berlebihan akan membuat kulit Anda mengalami perubahan yang cukup drastis, mulai dari warna kulit gelap hingga tekstur kulit yang kendur. Sinar UV berlebihan juga dapat merusak serat – serat yang ada di dalam kulit. Jika serat kulit rusak maka perubahan drastis dari kulit Anda akan mengendur dan juga meregang.

3. Mata Bisa Terkena Katarak

Melihat matahari secara langsung tanpa ada pelindung mata lebih rentan terkena penyakit katarak. Inilah bahaya dari sinar ultraviolet yang berlebihan. Selain merugikan kulit, bahaya sinar UV bagi mata juga bisa menimbulkan masalah pada bagian vital mata yang cukup serius.

4. Sistem Kekebalan Tubuh Tidak Stabil

Dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan menjelaskan bahwa terpapar radiasi sinar UV secara berlebihan bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh serta kulit Anda tidak akan bisa kebal terhadap serangan radiasi tersebut.

Jika hal tersebut terjadi maka akan sangat fatal akibatnya dari dampak negatif sinar matahari, seperti risiko terkena infeksi kulit dan juga kanker kulit. Ini yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Perlu diperhatikan untuk menjaga tubuh dari paparan sinar UV yang berlebihan.

5. Melanoma Kanker Kulit Paling Berbahaya

Salah satu jenis kanker kulit yang sangat berbahaya adalah Melanoma. Melanoma ini kerap terjadi di kalangan remaja hingga orang dewasa. Angka kematian dari kanker inipun tergolong sangat tinggi hingga menyentuh angka 75 persen.

Cara untuk melindungi wajah dari sinar UV ini bisa Anda gunakan beberapa resep bahan alami. Sebagai tambahan perawatan kulit Anda, baik untuk menggunakan produk terbaik dari MS Glow. Produk MS Glow akan membantu Anda untuk menjaga dan merawat kulit secara keseluruhan.

Sumber artikel :

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/03/085149220/bmkg-ingatkan-untuk-menghindari-paparan-sinar-uv-hari-ini-mengapa?page=all

https://nose.co.id/glosarium/ultraviolet/

https://www.merdeka.com/gaya/tips-melindungi-wajah-dari-bahaya-sinar-uv.html


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.