Perbedaan Black Hat dengan Jenis Hacker Lainnya

Perbedaan Black Hat dengan Jenis Hacker Lainnya - Anda pasti sering mendengar istilah black hat. Jika ingatan Anda langsung tertuju pada hacker, itu sebuah pemikiran yang tepat.

Namun, tahukah Anda jika hacker bukan hanya black hat saja? Ada beberapa jenis hacker lain yang memiliki cara kerja dan tujuan yang berbeda bahkan sangat bertolak belakang dengan hacker jenis black hat.

Perbedaan Black Hat dengan Jenis Hacker Lain dari Sisi Tujuan dan Sistem Kerja

Sebutan hacker selalu diidentikkan dengan hal-hal berbau kriminal. Faktanya, ada beberapa jenis hacker dan tidak semua bekerja dengan tujuan kejahatan atau merugikan. Kali ini kita akan membahas perbedaan black hat hacker dengan jenis white hat hacker dan grey hat hacker dari sisi kinerja dan jug
i tujuan.

Hitam selalu identik dengan sesuatu yang suram atau bahkan jahat, begitu pula dengan black hat hacker. Ia bekerja dengan tujuan ilegal atau kriminal dengan cara mencuri data, menguras uang atau meretas sistem hingga sang pemilik maupun orang lain tidak mampu membukanya. Keberadaannya merupakan ancaman yang patut diwaspadai oleh cybersecurity.

Black hat hacker bisa saja menjual informasi yang telah diretas ke pasar gelap untuk tujuan buruk atau bahkan dapat merusak sistem sebagai kemungkinan yang terburuk. Sementara White hat hacker kebalikan dari black hat, ia bekerja secara legal dan meretas guna mencari kelemahan suatu program agar dapat dilakukan peningkatan. Sehingga perbedaan black hat dengan white hat mencakup secara keseluruhan.

Untuk grey hat hacker, kita dapat menanalisa melalui analogi warna yang dipakainya. Abu-abu merupakan percampuran antara putih juga hitam. Oleh sebab itu juga hacker ini tidak menjadi bagian dari kedua hacker lainnya. Ia meretas untuk tujuan diluar kejahatan, tetapi tidak melalui proses yang legal.

Sebagai contoh, grey hat menerobos sebuah sistem karena melihat celah dan sekedar iseng. Setelah berhasil menerobos atau meretas ia memberitahukan celah atau kelemahan tersebut pada sang pemilik web atau sistem yang telah diretasnya. Hal ini yang menjadi perbedaan black hat dengan grey hat.

Namun, meski tidak bertujuan ilegal tetapi cara meretasnya masuk kategori tindakan ilegal. Contoh hacker jenis ini adalah hacktivist yang bertujuan menyampaikan pesan politik atau pesan penting lainnya melalui web yang banyak pengunjungnya.

Setelah mengetahui beberapa jenis hacker dan memahami perbedaan black hat dengan jenis hacker lainnya, Anda tentu dapat sedikit mengubah asumsi negatif tentang hacker selama ini. Pada dasarnya, hacker merupakan seseorang dengan ketrampilan yang mengagumkan hanya saja tergantung bagaimana cara ia memanfaatkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.