Ringkasan Materi tentang Pemanasan Global


 Pemanasan global (Global Warming) merupakan suatu peningkatan derajat suhu di seluruh permukaan bumi. Selama beberapa puluh tahun belakangan ini, telah terjadi peningkatan suhu permukaan bumi, berdasarkan hasil pengamatan para ahli/peneliti bidang Geofi sika. Peningkatan suhu tersebut sangat kecil sehingga manusia pada umumnya tidak merasakan adanya perbedaan. Namun setelah puluhan tahun berlalu, mulai bisa dirasakan adanya gejala pemanasan global. 

Bagaimana dengan kondisi di daerah Anda? Apakah terasa lebih panas daripada beberapa tahun sebelumnya? Menurut Anda, mengapa hal tersebut terjadi? Bagaimana dampak perubahan suhu tersebut terhadap kegiatan manusia sehari-hari?

Gejala pemanasan global merupakan sebagian dari lingkungan alam sekitar pada lapisan permukaan bumi (litosfer). Oleh karena itu gejala pemanasan global sangat berkaitan dengan kondisi lingkungan alam sekitarnya khususnya pada lapisan litosfer. 

Pada awal pembahasan dimulai dengan lingkungan alam sekitar secara umum terlebih dahulu. Dengan cara ini bisa diketahui posisi pemanasan global sebagai bagian tak terpisahkan dari lingkungan alam dan pengaruhnya pada lapisan litosfer.  

Bagaimana lingkungan alam di sekitar kita sangat berpengaruh pada kehidupan kita? Lingkungan alam sekitar sangat berpengaruh pada kehidupan kita. Hal ini tak dapat disangkal bahwa kita sebagai  manusia khususnya dan makhluk hidup umumnya sangat bergantung pada lingkungan sekitarnya, baik lingkungan hidup maupun lingkungan tak hidup. Beberapa fakta atau bukti-bukti nyata menunjukkan bahwa manusia dan makhluk hidujp pada umumnya tidak dapat hidup jika tidak didukung dengan lingkungan alam yang memadai.

pemanasan global
Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa lingkungan sekitar kita secara perlahan tapi pasti, selalu berubah. Perubahan lingkungan tersebut terjadi secara alamiah, yaitu akibat pengaruh lingkungan alam itu sendiri, seperti perubahan suhu yang selalu terjadi siang maupun malam, adanya hujan disertai angin, dan terutama pengaruh dari sinar matahari yang bisa mempengaruhi cuaca. Bisa juga perubahan itu akibat perbuatan manusia, seperti pembangunan ladang pertanian, peternakan hingga jalan layang dan gedung pencakar langit. Termasuk juga pembakaran fosil, seperti minyak bumi dan batubara, yang menimbulkan efek rumah kaca (Greenhouse Effect). 

Perubahan yang terjadi bisa menguntungkan bagi manusia tapi bisa juga merugikan. Kita perlu mengetahui dampak menguntungkan dan yang merugikan akibat perubahan lingkungan tersebut agar kita siap dengan langkah-langkah yang diperlukan  menghadapi bahaya kerusakan lingkungan, yang juga berarti rusaknya sumber kehidupan manusia.

Pengertian Pemanasan Global

Apa yang dimaksud pemanasan global? Tahukah Anda bahwa air laut cenderung naik beberapa centimeter setiap tahunnya? Apa pengaruh pemanasan global bagi kehidupan manusia?

Pemanasan global merupakan kenaikan suhu permukaan secara global. Akibat kenaikan suhu ini, es di di kutub mencair menyebabkan permukaan air laut naik. Di samping itu pemanasan global juga menyebabkan perubahan iklim dan cuaca di berbagai daerah di dunia. Suatu saat timbul cuaca yang sangat panas di berbagai daerah, kemudian saat yang lain timbul cuaca yang sangat dingin di suatu daerah. Iklim menjadi berubah-ubah dan sulit diduga. Hal ini berpengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup pada umumnya, seperti tumbuhan, hewan dan juga manusia.
Anda bisa melakukan penelitian terhadap lingkungan sekitarnya, meliputi:
  1. Perubahan suhu pada masa sekarang dibandingkan dengan masa beberapa puluh tahun yang lalu di beberapa daerah sekitar tempat tinggal Anda.
  2. Perubahan lingkungan (kemungkinan) akibat terjadinya perubahan suhu, seperti air laut bertambah naik, dan lainnya.
  3. Pengaruh pemanasan global terhadap makhluk hidup sekitar, seperti tumbuh-tumbuhan lebih sulit tumbuh, hewan lebih cepat mati, dan lainnya.
Anda bisa melakukan penelitian dengan cara mencari informasi pada masyarakat sekitar yang sudah lama tinggal di daerah tersebut, atau di perpustakaan mengenai pemanasan global, meliputi sebab terjadinya dan dampaknya bagi lingkungan, serta langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya pemanasan global.

Penyebab Pemanasan Global

Gas karbondioksida yang dihasilkan dari pembakaran, seperti asap pabrik dan asap knalpot kendaraan bermotor, sangat dipercaya berperan besar terhadap terjadinya pemanasan global. 

Gas hasil pembakaran ini tertahan di lapisan atmosfi r pada ketinggian antara 10-20 km di atas permukaan laut dan akan menahan panas dari permukaan bumi untuk keluar dari lapisan atmosfer. Gejala panas yang tertahan di dalam atmosfer, mirip dengan  efek yang terjadi di dalam rumah kaca dimana panas yang masuk ke dalam rumah tersebut sulit keluar dari rumah, akibatnya suhu di dalam rumah kaca lebih tinggi daripada di luar sekitar. Oleh karena itu pemanasan global juga biasa disebut sebagai efek rumah kaca.  

Akibat panas dari sinar matahari yang menyentuh permukaan bumi tidak bisa keluar tertahan oleh gas karbondioksida tersebut, maka panas mengumpul di permukaan bumi. Dampaknya adalah peningkatan suhu di permukaan bumi  dan mencairnya es di daerah kutub dan naiknya permukaan laut. Beberapa pulau-pulau kecil di wilayah Indonesia akan tenggelam akibat naiknya permukaan laut. Bahkan saat ini sudah tampak tanda-tanda bahwa air permukaan laut sudah mencapai beberapa perkampungan nelayan di berbagai daerah di tepi pantai.

Pencegahan Pemanasan Global

Cara mencegah terjadinya pemanasan global atau efek rumah kaca ini sebenarnya seederhana yaitu melindungi hutan dari penebangan liar yang sangat merusak lingkungan, dan memperluas lingkungan sekitar  bagi pertumbuhan tanaman hijau. 

Hal ini  karena tumbuh-tumbuhan (khu susnya tumbuhan hijau) dapat menyerap gas karbondioksida sebagai bagian dari proses fotosintesis. Seperti kita ketahui melalui proses fotosintesis, tumbuhan menghasilkan oksigen dan makanan, seperti buah-buahan,  yang sangat  berguna bagi manusia.

Ada beberapa cara lainnya yang berguna dalam mencegah terjadinya pemanasan global, seperti tidak melakukan pembakaran yang tidak perlu, seperti membakar sampah, dan pepohonan di hutan, serta membatasi penggunaan kendaraan bermotor bagi keperluan yang memang cukup penting. Kegiatan merokok pun dalam skala kecil termasuk memberi sumbangan bagi terjadinya pemanasan global, karena melakukan pembakaran yang menghasilkan asap. Di samping itu asap sisa pembakaran juga tidak sehat bagi kelangsungan hidup manusia pada khususnya, dan makhluk hidup pada umumnya.

Dampak Pemanasan Global

Secara langsung, pemanasan global menimbulkan peningkatan suhu di permukaan bumi. Akibat peningkatan suhu menyebabkan lapisan es di kutub mencair dan permukaan air laut menjadi naik, menenggelamkan sebagian daratan dan pulau-pulau kecil.  Luas permukaan laut meningkat, sehingga jumlah air laut yang menguap juga bertambah. 

Secara tidak langsung, peningkatan suhu menimbulkan perubahan iklim dan cuaca. Iklim dan cua ca dipengaruhi oleh sinar matahari, kelembapan dan rotasi/revolusi bumi. Indonesia berada di daerah tropis sehingga beriklim tropis dengan 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Bersamaan dengan meningkatnya jumlah air yang menguap kelembapan juga meningkat pada daerah tertentu. Uap air tersebut juga mengumpul lebih padat menjadi awan yang siap menjadi hujan. Curah hujan bertambah lebih banyak dari biasanya. Kelompok awan yang berlebihan ini juga mengganggu arah angin, sehingga angin panas dari daerah pantai bertemu dengan angin dingin dari daerah pegunungan. Pertemuan dua angin yang berbeda ini menimbulkan puting beliung. 

Berdasarkan uraian di atas, tampak bahwa pemanasan global meningkatkan curah hujan pada daerah tertentu sehingga iklim juga berubah. Di samping itu juga bisa menimbulkan lebih banyak terjadinya puting beliung.

Lingkungan dan Kesehatan

Tidak dapat disangkal bahwa lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Makhluk hidup sangat ber gantung pada udara untuk bernapas, begitu juga kebutuhan terhadap air dan se gala mineral bagi proses ke hidupan yang terdapat di lingkungan sekitarnya. Pe-ranan sinar matahari ternyata  
juga sangat berperan bagi ke- langsungan makhluk hidup. 

Tanpa sinar matahari bukan hanya berpengaruh pada turunnya suhu secara drastis, tapi juga tumbuh-tumbuhan akan mati karena tidak bisa melangsungkan proses fotosintesis. Manusia dan makhluk hidup lainnya akan mati karena kedinginan dan kekurangan makanan. Begitu pentingnya lingkungan di sekitar kita sehingga perlu dijaga dan dilestarikan agar kehidupan tetap bisa berlangsung secara wajar di permukaan bumi.

Namun seiring dengan perkembangan zaman yang diikuti dengan pembangunan bernuansa lingkungan, maka secara perlahan tapi pasti lingkungan sekitar telah mengalami perubahan. 
 Perubahan itu ada yang berdampak positif bagi kehidupan manusia khususnya, tapi secara umum justru berdampak negatif, seperti efek rumah kaca atau pemanasan global, menipisnya lapisan ozon akibat buangan limbah secara sembarangan, dan dampak negatif lainnya. 

Dapatkah Anda menemukan dampak negatif lainnya akibat perubahan lingkungan?
Perubahan iklim dan cuaca di lingkungan sekitar bisa berpengaruh terhadap kesehatan makhluk hidup. Meningkatnya permukaan air laut menyebabkan kehidupan di tepi pantai menjadi tidak layak lagi dihuni. Perubahan iklim dan cuaca bisa menyebabkan makhluk hidup perlu menyesuaikan diri dengan habitatnya. Contohnya manusia yang hidup di tepi pantai perlu memikirkan untuk evakuasi ke daratan yang lebih tinggi. Alternatif lain membangun rumah panggung atau bahkan rumah perahu.

Sekarang, dapatkah Anda membayangkan seandainya terjadi komposisi udara sudah berubah akibat adanya buangan limbah pabrik berupa polusi? Apa pengaruhnya bagi kesehatan kita? Begitu juga air yang sudah tercemar di lingkungan sekitar, dapatkah berpengaruh bagi kesehatan kita?

Paru-paru kita membutuhkan udara yang sebagian terdiri dari campuran nitrogen dan oksigen, serta sebagian kecil karbondioksida. Udara yang sudah tercemar mengubah komposisi udara tersebut menjadi sebagian besar karbondioksida, karbonmonoksida beserta gas-gas nitrat dan sitrat yang sebetulnya bersifat korosif (merusak terhadap benda yang bersentuhan), sementara hanya sebagian kecil oksigen dan nitrogen. Begitu juga air yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, jika tercemar oleh zat-zat yang tidak sesuai dengan tubuh akan berpengaruh terhadap kesehatan makhluk hidup pada umumnya, termasuk juga manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Soal Latihan tentang Pemanasan Global

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D
1. Pemanasan global merupakan proses meningkatnya … di permukaan bumi
A. Populasi
B. Limbah asap
C. Suhu
D. Ozon

2. Lubang ozon terjadi akibat berubahnya molekul ozon menjadi ...
A. Hidrogen
B. Oksigen
C. Nitrogen
D. Homogen

3. Panas dari radiasi cahaya matahari yang terperangkap di dalam lapisan berupa gas limbah seperti karbon dioksida di sebut ...
A. Pemanasan global
B. Efek rumah kaca
C. Lubang ozon
D. Atmosfer

4. Salah satu dampak pemanasan global terhadap lingkungan adalah ...
A. Meningkatnya populasi
B. Meningkatnya permukaan air laut
C. Meningkatnya popularitas
D. Meningkatnya curah hujan 

5. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya pemanasan global adalah ...
A. Menanam pepohonan
B. Menggunakan pendingin udara
C. Hujan buatan
D. Membuat waduk 
 

B. Uraian

Isilah titik-titik di bawah ini secara singkat dan tepat!
1. Pemanasan global adalah …
2. Lubang ozon adalah …
3. Efek rumah kaca adalah …
4. Hubungan antara efek rumah kaca dengan pemanasan global adalah …
5. Penyebab terjadinya pemanasan global adalah …

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas!
1. Apa yang dimaksud pemanasan global?
2. Apa hubungan antara pemanasan global dengan lubang ozon?
3. Apakah ada hubungan antara efek rumah kaca dengan pemanasan global? Jelaskan jawaban  Anda!
4. Mengapa pemanasan global berpengaruh terhadap perubahan iklim dan cuaca?
5. Bagaimana cara mengurangi pengaruh dampak pemanasan global?
6. Bagaimana terjadinya proses pemanasan global?
7. Apa bahan-bahan atau zat-zat yang bisa mempengaruhi pemanasan global?
8. Apa yang sebaiknya kita lakukan untuk mengurangi proses pemanasan global?
9. Apa pengaruh penebangan hutan bagi kesehatan lingkungan dan masyarakat?
10. Adakah hubungan antara pemanasan global dengan kesehatan lingkungan dan masyarakat?
Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar