Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara


The Founding Fathers adalah julukan untuk para tokoh pendiri negara. Tokohyang memperjuangkan kemerdekaan dan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Seperti Ir. Soekarno, Drs. Moh.Hatta, Mr. Moh. Yamin, Mr. Soepomo, Agus Salim, dan banyak lagi yang lainnya. Para tokoh pendiri negara tersebut memilikisemangatyangkuat untuk mewujudkan cita-cita menjadi negara yang merdeka, bebas dari penjajahan, dan sejajar dengan negaranegara lain di dunia.
Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara
Rasa cinta dan semangat kebangsaan yang begitu kuat, disertai kerelaan berkorban demi kepentingan bangsa dan negara yang ditunjukkan para tokoh pendiri negara maupun segenap rakyat Indonesia membuahkan hasil gemilang yaitu Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945. Semangat kebangsaan dan cinta tanah air Indonesia sebagaimana yang diteladankan oleh para pendiri negara tersebut harus terus dipupuk dan dikobarkan dalam diri setiap warga negara Indonesia. Persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap dijaga dan dipertahankan. Seseorang yang memiliki semangat kebangsaaan akan merasa bangga sebagai warga negara Indonesia.

Kebanggaan sebagai warga negara dan bangsa Indonesia dapat kita rasakan, misalnya: ketika menyaksikan Bendera Merah Putih berkibar dengan megahnya. Kita juga bangga ketika Bendera Merah Putih berjajar dengan bendera negara-negara lain di dunia dalam acaraacara internasional. Demikian pula ketika Bendera Merah Putih berkibar dan Lagu Indonesia Raya berkumandang dalam kejuaraan olahraga antar negara.

Semangat kebangsaan disebut juga dengan nasionalisme dan patriotisme. Nasionalisme adalah suatu paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Patriotisme berasal dari kata patria, yang artinyatanahair. Patriot artinya seseorang yang mencintai tanah air. Patriotisme adalah sikap kepahlawanan. Sikap yang berani, pantang menyerah, serta rela berkorban demi bangsa dan negara. Seseorang yang rela mengorbankan segalagalanya untuk kejayaan dan kemakmuran bangsa dan tanah airnya, adalah seseorang yang memiliki jiwa dan sikap patriotisme. 

Komitmen Terhadap Pancasila Komitmen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu. Dengan demikian komitmen juga berarti janji pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu. Seseorang yang memiliki komitmen kebangsaan adalah orang yang akan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadinya. 

Kita dapat meneladani semangat dan komitmen kebangsaaan yang dimiliki oleh para pendiri negara dalam proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. Semangat dan komitmen kebangsaan yang diteladankan oleh para pendiri negara kita tersebut antara lain adalah: 
  1. Mengutamakan persatuan, kesatuan dan nasionalisme. 
  2. Rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia. 
  3. Selalu bersemangat dalam berjuang. 
  4. Mendukung dan berupaya secara aktif mencapai cita-cita bangsa 
  5. Melakukan pengorbanan pribadi demi kepentingan yang lebih luas bangsa dan negara. 
Sebagai warga negara Indonesia kita juga harus memiliki semangat dan komitmen kebangsaan sebagaimana diteladankan oleh para pendiri negara. Diantaranya adalah dengan menerima Pancasila sebagai dasar negara, dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh pelaksanaan nilai-nilai Pancasila seperti: 
  1. taat menjalankan ibadah dan menghormati pemeluk agama lain; 
  2. menghormati hak-hak orang lain; 
  3. menjaga kerukunan hidup, persatuan dan kesatuan; 
  4. menjaga kelestarian lingkungan; 
  5. suka menolong sesama, dan sebagainya. 
Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia telah menjadi kesepakatan (konsensus)nasional. Merupakan perjanjian luhur bangsa Indonesia yang diterima secara luas oleh seluruh rakyat Indonesia. Penetapan Pancasila sebagai dasar negara oleh PPKI dipandang sebagai penjelmaan kehendak seluruh rakyat Indonesia yang merdeka. Anggota-anggota PPKI berasal dari wakil-wakil masyarakat Indonesia yang telah bersepakat membentuk sebuah negara dengan dasar Pancasila.
Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar