Bagusan nge-Blog di Blogspot atau Wordpress?

Pertanyaan yang sering diajukan bagi yang mulai memasuki dunia blogging adalah bagusan blogger atau wordpress? Bahkan tak sedikit yang hanya berkutat untuk memutuskan ini sehingga niat untuk memulai blogging tertunda.

Untuk jawaban awal, sebenarnya sama saja. Tetapi ini relatif, bergantung kepada pengguna juga. Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Pada hakikatnya memang, untuk blogging yang paling utama dipikirkan adalah niche dan konten anda.

Bagusan nge-Blog di Blogspot atau Wordpress?
Wordpress or Blogger?

Menggunakan Blogspot

Menggunakan blogspot atau blogger memang cukup mudah. Banyak juga blogger yang menggunakan blogspot sebagai tempat untuk mempublikasikan tulisannya.

Pilihan blogger cocok bagi anda yang tidak mau terlalu ribet. Interface dari blogger cukup mudah untuk dipahami.

Tidak perlu menguasai bahasa pemograman CSS, HTML dan Javascript pada awalnya. NAmun jika memang memahami bahasa tersebut cukup akan memudahkan. Bahkan untuk tutorial mengenai CMS Blogger banyak tersedia di internet.

Untuk tampilan bagi pengunjung, pada blogspot tersedia tema bawaan yang bagus. Dengan tema tema responsive bawaan juga tak kalah manisnya. Pun jika ingin mengganti tampilan (template) banyak tersedia di internet yang bisa anda download dan gunakan secara gratis.

Dalam versi gratis, memang anda memiliki subdomain seperti abcs.blogspot.com/ Anda bisa customisasi domain menjadi TLD dengan akhiran .com, .net dengan mudah dan biaya terjangkau. Sebab anda hanya butuh membeli domain saja. Sementara untuk host tetap menggunakan host dari Google.

Keunggulan utama dari Blogspot ini adalah, meskipun dalam versi gratis dan dengan tanpa domain berbayar (subdomain.blogspot.com) anda masih tetap bisa menghasilkan uang dengan cara memasang iklan di blog (monetisasi blog). Terutama yang bertujuan menggunakan Google Adsense ataupun yang lainnya.

Sayangnya, jika blog ingin dikembangkan dengan berbagai fitur memang terkesan agak sulit. Sebab tak begitu terbukan blogspot seperti layaknya wordpress yang menyediakan banyak plug in untuk membuat blog terkesan lebih canggih. Termasuk untuk Optimasi seperti SEO. Dibandingkan Wordpress memang blogspot tak tersedia plug in SEO seperti Yoast yang ada di Wordpress.

Tetapi dengan kekurangan ini bukan berarti anda tidak bisa sukses. Pun telah banyak blogger dengan menggunakan CMS Blogger (Blogspot) yang juga berhasil di dunia blogging. Namun sejatinya, blogger ini direkomendasikan untuk yang memang hanya memiliki waktu menulis tanpa harus repot.

Menggunakan Wordpress

Penggunaan wordpress juga merupakan pilihan terbaik. Anda bisa mendapatkan dukungan dari berbagai Plug in tersedia untuk Optimasi Blog. Mulai dari Optimasi SEO dengan Yoast dll. Sayangnya untuk template agak susah menemukan template Wordpress yang bagus dan gratis. Rata  rata untuk template yang memang bagus anda harus merogoh kocek lagi.

Perlu dipahami di sini. Ada 3 macam menciptakan blog dengan Wordpress ini. Ini mengenai masalah biaya, jadi sepatutnya juga anda mengetahuinya,

Wordpress Gratis

Jenis Ini semuanya gratis. Mulai dari hosting dan juga domain. Sayang anda harus berada di bawah alamat  subdomain wordpress. Contohnya alamat URL blog anda nantinya: abcd.wordpress.com

Sayangnya jenis blog wordpress full gratis ini tidak bisa menghasilkan apa apa. Anda tidak bisa monetisasi blog dimana sebagai salah satu jalan untuk menghasilkan uang dari blog.

Wordpress Custom Domain

Untuk jenis ini hampir sama sistemnya dengan blogspot yang dicustom TLD. Anda hanya membeli domain TLD yang murah, lalu domain dikaitkan dengan blog anda. Misalkan tadinya blog anda berdomain abcd.wordpress.com sekarang sudah bisa menjadi abcd.com.

Host file dan data tetap berada pada wordpress. Memang website/blog anda sudah bisa di monetisasi dengan cara ini. Tetapi dari harga yang dibayarkan memang terhitung agak mahal. Bahkan dibandingkan dengan Wordpress mode ke-3 yaitu,

Wordpress Self-Hosted

Wordpress Self-Hosted adalah dimana semua 'modal' awal adalah dari anda. Mulai dari hosting dan domain anda beli sendiri. Peran wordpress hanya sebagai alat saja. Jenis pembuatan blog ini lebih sangat disarankan sebab semua data tersimpan dengan baik pada hosting yang anda sewa.

Keunggulan utama Self-hosted adalah anda lebih bisa leluasa mengembangkan website/blog anda. Apakah nantinya dikembangkan menjadi eCommerce atau apa lainnya. Sebagai informasi tambahan saja, CMS Wordpress ini cukup banyak digunakan dalam membangun website apa saja.

Penunjang pengembangan ini yakninya dengan tersedia berbagai plug in yang membantu anda. Bahkan jika memang berniat sangat serius ini disarankan dengan alasan sangat banyak support membantu website anda dalam perihal SEO.

Dimana Membeli Domain dan Host untuk Wordpress dan Blogspot?

Ketika anda menginginkan domain dari blog anda sesuai keinginan seperti abcd.com dan juga mengingkan wordpress selfhosted tentu anda akan membayarkan sejumlah uang. Sedikit gambaran bagi pemula mengenai apa itu hosting, apa itu domain;
  1. Domain adalah alamat unik dari blog/website anda. Ketika pengunjung akan menuju blog anda  maka mereka akan mengetik domain ini sebagai alamat tujuannya. Contohnya, monxtize.blogspot.com; marthamatika.com dll
  2. Hosting adalah tempat penyimpanan data dari blog anda. Misalkan sebuah artikel, maka data artikel tersebut akan tersimpan di hosting tersebut.
Dimana bisa membeli layanan jasa domain dan host yang murah? Banyak sebenarnya penyedia jasa layanan ini. Tinggal anda saja memilihnya, untuk pemula mungkin anda bisa pertimbangkan 2 layanan penyedia jasa domain dan hosting berikut ini,

Niagahoster

Niagahoster dikenal sebagai penyedia domain dan hosting yang populer di Indonesia. Hal yang paling utama yang membuat saya merekomendasikan ini adalah karena layanan yang diberikan sangat baik, baik itu secara produk dan layanan konsumen.

Beberapa kendala yang saya temui dalam hal yang saya kerjakan akan dibantu oleh Customer Service by chat dengan respon yang sangat cepat. Ini yang membuat saya sangat menyarankan bagi anda yang pemula, yang tentunya kurang paham dan akan mengalami berbagai kesulitann karena belum mengetahui. 

Apabila anda membeli domain saja untuk custom TLD blogspot, pengaturan pada website Niagahoster sangat mudah. Ini menjadi pertimbangan khusus jika anda sebagai benar benar newbie dalam blogger.

Terkemudian tentang harga, tentu promo dan diskon akan meringankan beban anda secara finansial. Ragam promo dan diskon bisa anda lihat di halaman niagahoster.
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia Hosting Unlimited Indonesia
Masukkan kode diskon ' diskonplus5' untuk mendapatkan diskon lebih.

Exabytes

Opsi ke-dua yang bisa menjadi pertimbangan anda dalam memilih domain/hosting dengan harga terjangkau adalah Exabytes. Pembelian domain tergolong sangat murah dan mudah 

Untuk custom domain, blogspot propagansi terbilang sangat cepat. Kemudian, anda juga diberi SSL Gratis sehingga anda tidak perlu membayar biaya tambahan agar domain anda tersambung melalui saluran aman berawalan https:.... Bermacam promo domain dan hosting murah bisa anda lihat pada halaman website Exabytes.